Tuesday 8 January 2019

Konfigurasi PROXMOX

Assllamuaikum... selamat pagi, siang, sore dan malem temen temen di dunia maya

kali ini bahasan kita tentang proxmox, saya akan menjelaskan tentang konfigurasi proxmox

sedikit tentang proxmox, software ini masih keturunan linux debian kalo gak salah sih ya, di remastering untuk keperluan multi os yang berjalan di atasnya.

memdahkan administrator server untuk mengelola servernya dan juga buat menghemat biaya...


P R O X M O X

pada tau ga sih proxmox itu apa?
ehmm,, sebelum menjelaskan lebih lanjut apa itu proxmox, saya akan menjelaskan sedikit yang sudah saya coba sebelumnya mengenai Virtualisasi. Buat kalian yang suka ngOprek Komputer dan seneng banget utak-utik komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan Oracle Virtual Box atau VM Ware Workstation kan? nah itu adalah contoh virtualisasi. Dengan Virtualisasi kalo bahasa Inggrisnya sih Virtualization (hahaa sok INggris dikit :P), beberapa sistem operasi dapat berjalan secara bersamaan pada satu buah CPU (Central Prosessing UNit). Hal ini tentunya dapat mengurangi biaya yang dapat dikeluarkan oleh sebuah perusahaan dan tren ke depan virtualization ini akan banyak digunakan baik di perusahaan yang bergerak dibidang IT maupun yang tidak murni bergerak di bidang IT namun menggunakan IT sebagai sarana untuk memajukan usahanya.
Perangkat lunak yang digunakan untuk menciptakan virtual machine pada host machine biasa disebut sebagai hypervisor atau Virtual Machine Monitor (VMM).
Proxmox VE (Virtual Environment) adalah sebuah distro Linux virtualisasi berbasis Debian ( 64 bit) yang mengusung OpenZV dan KVM, dengan KVM kita tidak hanya bisa menginstall linux saja akan tetapi Operating system windows pun bisa kita instal. Namun yang membuat istimewa dari proxmox adalah kemudahan dalam installasi dan administrasi berbasis Web.
Beberapa keuntungan menggunakan Proxmox sebagai berikut :
  1. Kinerja terbaik.
  2. Instalasi yang telah dioptimalkan, sehingga lebih cepat.
  3. Mudah dalam manajemen.
  4. Cocok untuk kelas Enterprise.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  1. Proxmox tersedia hanya untuk hardware 64-bit.
  2. Pada Proses installasi proxmox akan menggunakan seluruh ruang storage yang ada, ini artinya Anda harus menyediakan 1 Server/Komputer dengan HDD khusus hanya untuk proxmox saja.
  3. Installer CD Proxmox hanya bisa diinstall di Single HDD, jadi bagi Anda yang menginginkan kemanan data dengan 2 HDD ( RAID1 ), Anda bisa memanfaatkan RAID Software, dengan mengkonfigurasinya setelah proses instalasi pada HDD pertama selesai.
oke temen teman untuk liat lebih selanjutnya bisa download disini ya 

semoga bermanfaat dan saya akhiri

wasallamuaikum......

No comments:

Post a Comment